Sehatkah Kita?

"Kesehatan"

Sehatkah Kita?

Sehatkah Kita?

Kesehatan bagi  kita, terkadang hanya kita pandang sebatas, makan, tidur, dan obat. Asal setiap hari kita masih makan, tidur, maka kita berfikir masih sehat. Jika badan sudah mulai terasa lelah, muncul penyakit, maka yang kita kenal hanyalah obat. Begitu cara pandang kita terhadap kesehatan kita pada umumnya.

Pada masa lalu, sebagian besar individu dan masyarakat memandang sehat dan sakit ibarat Hitam atau Putih. Dimana kesehatan merupakan kondisi kebalikan dari penyakit, atau kondisi yang terbebas dari penyakit. Anggapan atau sikap yang sederhana ini tentu dapat diterapkan dengan mudah, akan tetapi mengabaikan adanya rentang sehat-sakit.

Pada abad ke-21, kesehatan dipandang dengan perspektif yang lebih luas. Luasnya aspek itu meliputi rasa memiliki kekuasaan, hubungan kasih sayang, semangat hidup, jaringan dukungan sosial yang kuat, rasa berarti dalam hidup, atau tingkat kemandirian tertentu (Haber, 1994).

Maka sebenarnya, “sehat”, bukan sekadar urusan makan dan tidur yang cukup. “Sehat” bukan sekadar urusan kebutuhan “fisik” semata. Saat ini kita harus melihat bahwa kesehatan merupakan suatu kesatuan, keseimbangan proses dalam tubuh, antara kebutuhan fisik dan psikis/ mental kita.

Makan secara rutin, tidak akan kita anggap sehat, jika acupan gizi dan menu yang kita santap memang tidak menyehatkan. Tidur, bukan sebatas menutup mata dan merebahkan badan, namun tidur kita dikatakan sehat jika jumlah dan kualitas tidur kita memang tepat. Dan kita akan benar-benar dikatakan sehat, jika kita memiliki semangat hidup yang kuat, kita mampu merasakan emosi yang hangat, mampu bersosialisasi dengan baik dengan lingkungan. Sehatkah Kita?

Semoga kita semua diberi limpahan kesehatan oleh Allah SWT, dan semoga dengan kesehatan yang kita miliki, dapat kita jadikan modal untuk saling berbagi diantara sesama. Amin.

Sumber Gambar

http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSg5Ea_ajYYPdtB1FYfJtBuwSb2DezKU5tOK9LoSPGp8vEEoYK9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s