Sehat dengan Olahraga!


Mengapa kita sering merasa cepat lelah, lesu, dan mudah menguap, sedangkan waktu masih menunjukkan pukul 09:15 a.m ? Mengapa kita sering sekali  merasa berat untuk mengingat sesuatu, sulit fokus, mudah lupa, sedangkan hal tersebut merupakan sebuah informasi yang amat penting? Waktu untuk istirahat cukup, makan pun tidak pernah kurang, tetapi mengapa selalu tampak seperti orang lemah yang tidak memiliki semangat?!

Mungkin Anda pernah mengalami satu dari salah satu contoh cerita diatas. Boleh jadi istirahat(tidur) kita cukup, namun apakah berkualitas? Bisa saja kita tidak pernah telat makan, bahkan sekali makan kita bisa habis 2-3 piring, namun sehatkah apa yang kita makan, bergizi tidak? Sah-sah saja kita mengatakan bahwa saya ini sehat, tetapi benarkah tubuh kita ini sehat?

Perkembangan jaman yang semakin maju, tak selamanya memberikan efek yang positif bagi kehidupan kita. Kondisi persaingan usaha, tekanan pekerjaan, beban sosial, semakin membuat rumit dan pendek saja waktu  untuk memikirkan tubuh kita sendiri.  Berangkat kantor pagi-pagi buta, pulang kerumah ketika malam tiba, setumpuk pekerjaan pun terkadang masih menjadi teman tidur kita, betapa payah dan melelahkan apa yang kita tempuh ini?

Jika demikian, lalu kapan waktu yang tersisa untuk berolahraga?

Sebagian besar bagi mereka orang-orang yang tinggal di kota besar, trend yang terjadi saat ini adalah dengan berolah raga dimalam hari. Aktifitas oleh raga ini mereka lakukan karena hanya ini waktu yang tersisa dalam sehari. Yah, terkadang mereka berfikir, yang penting dapat melepas penat, melupakan sejenak beban pekerjaan yang ada, dapat berkumpul bersama rekan-rekan, dan masih banyak tujuan lainnya.

Meski tujuannya bukan murni ber-olahraga agar sehat, tetapi begitulah manfaat yang kiranya dapat kita dapatkan dengan berolah raga. Bukan hanya menyehatan, tetapi olah raga juga terbukti dapat mengurangi tingkat stress akibat kerja, dan membuat kita menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Dengan ber-olahraga, maka aliran darah pun akan menjadi lancar, pasokan oksigen ke otak pun akan semakin banyak, maka biasanya setelah olahraga kita justru menjadi semakin bersemangat dan lebih “fresh“.

Jadi, jika Anda merasa cepat letih, lesu, sulit konsentrasi, tanyakan kedalam diri Anda sendiri, apakah Anda sudah lama tidak ber-olahraga? Usahakan untuk melakukan olah raga secara rutin, agar tubuh Anda sehat secara fisik, dan juga menjaga keseimbangan kesehatan secara psikis. Salah satu cara hidup sehat dengan biaya yang murah pada jaman yang semakin kompleks ini, hanya ada satu cara, yaitu Sehat dengan Olah Raga!

Sumber Gambar : http://rsudpbun.files.wordpress.com/2010/09/jalan-kaki-sehat.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s